Apa beda perdagangan internasional dan pemasaran
internasional:
·
Perdagangan internasional merupakan
hubungan kegiatan ekonomi antar negara yang diwujudkan dengan adanya proses
pertukaran barang atau jasa atas dasar sukarela dan saling menguntungkan. Perdagangan
ini dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk lain atas dasar
kesepakatan bersama. Penduduk yang dimaksud dapat berupa antarperorangan atau
bisa juga antara individu dengan pemerintah suatu negara atau bisa juga
pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain. Dalam perdagangan
internasional ini akan dikenakan tarif bea cukai karena melakukan transaksi
ekspor dan impor.
·
Pemasaran internasional adalah kinerja
dari aktivitas-aktivitas bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan
harga, mempromosikan dan mengarahkan barang dan jasa perusahaan kepada
pelanggan atau pengguna di lebih satu negara. Dalam hal semacam ini pengusaha
akan terbebas dari hambatan perdagangan karena tidak ada transaksi ekspor dan
impor.
Jadi intinya, perbedaan yang paling utama dari
perdagangan internasional dengan pemasaran internasional yaitu: perdagangan
internasional itu sudah melakukan transaksi jual beli barang dan jasa,
sedangkan pemasaran internasional masih dalam tahap promosi atau masih dalam tahap
pengenalan dan tahap memasarkan barang dan jasa yang ditawarkan.
Faktor faktor yang mempengaruhi bisnis
internasional:
1. Pengembangan
bisnis
Perusahaan yang sudah
bergerak di bidang tertentu dalam suatu bisnis di dalam negeri seringkali
mencoba untuk mengembangkan bisnisnya ke luar negeri. Hal ini disebabkan karena
tujuan dari suatu perusahaan yakni meningkatkan keuntungan.
2. Mengurangi
persaingan dalam negeri
Hal ini seringkali
dilakukan oleh para pengusaha-pengusaha karena persaingan di dalam negeri terkadang
lebih cenderung tajam daripada persaingan di luar negeri.
3. Teknologi
Keahlian dan peralatan
teknis yang mempengaruhi bagaimana sumber-sumber diubah menjadi produuk
4. Politik
Elemen politik bangsa
seperti nasionalisme juga sangat berperan penting dalam bisnis internasional.
Karena bisa saja para pengusaha tersebut memasarkan produk yang berhubungan
dengan keunggulan dari negaranya.
5. Keuangan
Setiap para pelaku
bisnis selalu menginginkan yang namanya memperoleh keuntungan, dengan adanya
bisnis internasional ini bisa saja keuntungan yang dia peroleh lebih dari yang ia dapatkan selama menjalankan
bisnis di dalam negeri.
6. Distributif
Adanya agen nasional
dan internasional yang tersedia untuk mendistribusikan barang dan jasa yang
ditawarkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar