Kamis, 22 Januari 2015

Peranan Sistem Akuntansi bagi Dunia Bisnis

Sistem akuntansi menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh manajemen perusahaan sebagai dasar pengambilan keputusan (Terry D, 2011). Sistem akuntansi juga berguna sebagai dasar penilaian dan analisa terhadap kondisi perusahaan. Sistem akuntansi juga digunakan untuk melakukan pengolahan dan pemrosesan data keuangan perusahaan. Sistem akuntansi memiliki banyak peranan penting lainnya, seperti memperbaiki kualitas dan mengurangi biaya dalam menghasilkan barang dan jasa dan memberikan penilaian terhadap asset perusahaan.
Sistem akuntansi menghasilkan 2 informasi yaitu Informasi Akuntansi Keuangan yang berbentuk laporan keuangan dan Informasi Akuntansi Manajemen yang diguakan untuk pengambilan keputusan oleh perusahaan (Roy Iman, 2010). Sistem akuntansi dapat melakukan penelusuran terhadap pesanan penjualan, penerimaan piutang, pesanan pembelian dan pembayaran gaji karyawan yang dapat menghasilkan informasi bagi akuntansi keuangan. Setelah dilakukan penghitungan oleh akuntansi keuangan, semua data yang didapat akan diberikan kepada akuntansi manajemen untuk mengambil keputusan yang tepat untuk perusahaan.
Dengan adanya fungsi sistem akuntansi tersebut, akan diperoleh laporan eksternal dan laporan internal. Informasi yang relevan dapat menyelesaikan setiap permasalahan yang timbul melalui pengambilan keputusan yang tepat dan cepat, terutama informasi keuangan yang dibutuhkan oleh pihak pihak yang bertanggung jawab kepada perusahaan.
Roy Iman. Rangkaian Konvergensi IFRS di Indonesia. 12 Oktober 2010.

Terry D. Intermediate Accounting: IFRS edition. 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar