Kamis, 06 Desember 2012

perdagangan dan pemasaran internasional

Apa beda perdagangan internasional dan pemasaran internasional:
·         Perdagangan internasional merupakan hubungan kegiatan ekonomi antar negara yang diwujudkan dengan adanya proses pertukaran barang atau jasa atas dasar sukarela dan saling menguntungkan. Perdagangan ini dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk lain atas dasar kesepakatan bersama. Penduduk yang dimaksud dapat berupa antarperorangan atau bisa juga antara individu dengan pemerintah suatu negara atau bisa juga pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain. Dalam perdagangan internasional ini akan dikenakan tarif bea cukai karena melakukan transaksi ekspor dan impor.
·         Pemasaran internasional adalah kinerja dari aktivitas-aktivitas bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mengarahkan barang dan jasa perusahaan kepada pelanggan atau pengguna di lebih satu negara. Dalam hal semacam ini pengusaha akan terbebas dari hambatan perdagangan karena tidak ada transaksi ekspor dan impor.
Jadi intinya, perbedaan yang paling utama dari perdagangan internasional dengan pemasaran internasional yaitu: perdagangan internasional itu sudah melakukan transaksi jual beli barang dan jasa, sedangkan pemasaran internasional masih dalam tahap promosi atau masih dalam tahap pengenalan dan tahap memasarkan barang dan jasa yang ditawarkan.
Faktor faktor yang mempengaruhi bisnis internasional:
1.      Pengembangan bisnis
Perusahaan yang sudah bergerak di bidang tertentu dalam suatu bisnis di dalam negeri seringkali mencoba untuk mengembangkan bisnisnya ke luar negeri. Hal ini disebabkan karena tujuan dari suatu perusahaan yakni meningkatkan keuntungan.
2.      Mengurangi persaingan dalam negeri
Hal ini seringkali dilakukan oleh para pengusaha-pengusaha karena persaingan di dalam negeri terkadang lebih cenderung tajam daripada persaingan di luar negeri.
3.      Teknologi
Keahlian dan peralatan teknis yang mempengaruhi bagaimana sumber-sumber diubah menjadi produuk
4.      Politik
Elemen politik bangsa seperti nasionalisme juga sangat berperan penting dalam bisnis internasional. Karena bisa saja para pengusaha tersebut memasarkan produk yang berhubungan dengan keunggulan dari negaranya.
5.      Keuangan
Setiap para pelaku bisnis selalu menginginkan yang namanya memperoleh keuntungan, dengan adanya bisnis internasional ini bisa saja keuntungan yang dia peroleh lebih  dari yang ia dapatkan selama menjalankan bisnis di dalam negeri.
6.      Distributif
Adanya agen nasional dan internasional yang tersedia untuk mendistribusikan barang dan jasa yang ditawarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar